Saturday, November 16, 2013

Autobiografi : Muhammad Arifin

Nama lengkap saya Muhammad Arifin. Lahir di Jakarta, pada tanggal 19 Desember 1992. Saya anak ke-1 dari 2 bersaudara. Alamat rumah saya di Jl.Pembangunan  No. 10 RT 007/03 | Kel. Rawa Badak Utara - Kec. Koja | Jakarta Utara - 14230.

Mengawali karir pendidikan di TK Ceria Jakarta di tahun ajaran 1997/1998, saya berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan dan terbaik diantara yang lainnya. Bersama Ibu Melly dkk yang saat itu menjabat sebagai kepala sekolah, saya melewati tingkat ini selama 1 tahun dengan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan dan tentunya takkan saya lupakan. Mengingat masa itu bersamaan juga dengan datangnya musim "krisis moneter" atau biasa disebut "krismon", dan perubahan masa orde pemerintahan dari orde baru menjadi era reformasi ditandai dengan naiknya Bpk. B. J. Habibie yang kala itu menjadi wakil presiden dari Bpk. Soeharto menjadi Presiden Indonesia.

Berlanjut ke tingkat SD, saya mengarungi masa ini di SD Negeri Rawa Badak Selatan 01 Pagi. Salah satu SD favorit dan unggulan ditingkat Kecamatan Koja bahkan Jakarta Utara. Sangat sulit dijelaskan betapa senangnya saat masa-masa SD, susah-senang, suka-duka, tawa-canda, selalu menghiasi hari-hari saya kala itu. Bahkan saat momen puasa tahun 2012 dan 2013 kemarin, kami sempat berkumpul kembali dalam acara berbuka puasa bersama sekaligus reuni angkatan 2004. Obrolan kesana kemari pun tak luput dari mulut masing-masing, ketika sama-sama mengingat masa-masa lucu saat SD dulu.

Setelah lulus SD, saya melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 30 Jakarta. SMP terfavorit di Jakarta Utara yang berstatus SSN (Sekolah Standar Nasional) kala itu (sekarang sudah berstatus Sekolah Standar Internasional). Perbedaan knowledge pun terlihat jelas bagi saya semasa SMP, yang ternyata menjadi titik balik saya dalam merubah sikap dan perubahan pola pikir untuk merangkai kehidupan di masa depan. Banyak sekali pengalaman dan prestasi yang saya raih kala itu, terutama di bidang olahraga khususnya futsal dan sepak bola. Di masa inilah saya pertama kali menyukai seorang wanita, meski saat itu tidak tersampaikan.

Di tahun 2007 setelah lulus dari SMP, saya melanjutkan pendidikan ke tingkat SMK. Kala itu saya memilih SMK Perguruan Cikini Jakarta, salah satu SMK swasta yang juga dekat sekali dengan rumah saya. Disinilah pengembangan, pelatihan, pengetahuan, pergaulan, dll saya rasakan jauh lebih bermakna dibandingkan masa-masa sebelumnya. Di masa inilah pembentukan dasar dari apa diri saya yang sekarang, sehingga sampai terpikirkan jadi apa saya sekarang adalah hasil tempaan dari masa-masa SMK.

Lulus dari SMK, saya berniat melanjutkan ke bidang lapangan kerja. Sebuah target yang tentunya diidamkan semua orang. Awal mula saya melakukan tes di PT Astra Honda Motor. Rangkaian tes saya lalui dengan mudah, begitupun masa training yang sudah saya lakukan. Tetapi disaat penandatangan kontrak dan pembagian seragam, saya bersama 5 orang lainnya pun dipinggirkan terlebih dahulu hanya karena usia saya yang belum genap 18 tahun kala itu.
Bosan menunggu, akhirnya saya coba kembali melamar pekerjaan. Kali ini jatuh ke PT. Index Furnishing (saat ini Informa), salah satu perusahaan ritel di bidang furniture terbesar di Indonesia. Disinilah saya pertama kali mencukur kumis karena terpaksa disuruh oleh atasan. Dan hanya bertahan 1 setengah hari, saya mengajukan permohonan diri. Dikarenakan adanya tawaran lebih menggiurkan di Perusahaan besar lainnya yang nantinya akan menjadi tempat kerja saya sampai saat ini, serta dorongan orang tua yang sebenarnya juga tidak merestui saya bekerja di Index Furnishing.

2 comments: